Jumat, 08 Januari 2016

"PANTAI SIWIL PACITAN" Menikmati indahnya taman bawah laut layaknya Bunaken versi Pacitan. [Desa Sidomulyo - Kecamatan Ngadirojo]



gambar foto pantai siwil pacitan sidomulyo lorok ngadirojo
PANTAI SIWIL (Sidomulyo - Ngadirojo)

Pacitan, sebuah kabupaten kecil di sudut barat Jawa Timur. Siapa sangka sebuah kabupaten yang terisolir bukit-bukit dan pegunungan ini menyimpan berjuta keindahan alam. Selain terkenal akan Goa-goanya yang indah, rupanya kota kecil tanah kelahiran Pak SBY ini juga menyimpan keindahan wisata baharinya. Diantara pantai-pantai tersebut ada Pantai Siwil.

Pantai Siwil adalah salah satu pantai tergolong perawan yang lokasinya tak jauh dari Pantai Soge. Tepatnya berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Pacitan Jawa Timur. Pantai ini juga belum di kelola sebagai tempat wisata dan belum ada petunjuk arah atau papan nama menuju pantai ini. Tapi karna keindahanya jadi cukup layak untuk anda kunjungi.

→ Rute jalan menuju ke Pantai Siwil adalah dari arah Pacitan kota kearah timur melewati JLS hingga sampai di Pantai Soge, untuk ke Pantai Siwil anda harus lanjutkan perjalanan lagi. Lalu belok kanan di sebuah gang. Gang tersebut berada di sebelah barat (sebelum) gang Masuk ke TPI Pantai Tawang kalau dari arah barat. Masuk gang tersebut lalu ikuti jalan sampai mentok, lalu di lanjutkan jalan kaki melewati jalan setapak jika bertemu pertigaan pilih yang kanan. Lalu ikuti saja jalan tersebut maka akan sampai di Pantai Siwil.

Akses dari jalan raya Ngadirojo ke pantai Siwil masih cukup sulit di akses dengan kendaraan roda 4 namun cukup dekat, dari jalan raya tersebut lalu melewati perkampungan atau rumah penduduk. Di sambut pohon kelapa melambai, sedang di sisi kiri dan kanan terdapat rawa hinga akhirnya sampai di muara (Lokasi Pantai Siwil).

Muara sungai tersebut menyatu dengan sebuah teluk yang berpasir putih dan berombak tenang. Dan lokasi ini juga biasa di gunakan untuk snorkling saat airnya jernih untuk menikmati terumbu karang indah, ikan-ikan, serta biota laut lain di bawahnya. Tepian dan di sekitar pantai ini di penuhi pohon bakau dan aneka terumbu karang yang masih terjaga kealamianya. Kondisi teluk yang menjorok masuk (membentuk kantong) dan di apit bukit di kiri-kanan nya membuat perairan disini relatif tenang. Dasar pantainya berupa karang dan rumput laut yang di huni ikan-ikan kecil.

Ada cara asyik menikmati kaindahan Pantai yang masih satu Wilayah dengan Pantai Tawang atau Laut anakan ini, yaitu dengan snorkling atau skin diving. Sebuah kegiatan renang dangkal yang membutuhkan peralatan berupa sirip selam, snorkel, dan masker selam. Namun sayangnya di sekitar pantai belum ada yang menyewakan peralatan tersebut sehingga pengunjung harus membawa sendiri dari rumah.

Perjalanan tak cukup di situ, karna sebenarnya selain Pantai Siwil masih ada lokasi pantai lagi. Dengan melanjutkan jalan kaki lagi ke sisi kiri pantai naik turun bukit yang tidak terlalu tinggi melintasi jalan setapak dan areal persawahan di antara bukit tersebut. Dengan mengikuti kontur tanah berbatu melintasi jalan setapak maka anda akan sampai di Pantai berikutnya yang spotnya antara Siwil dan TPI Tawang.

Sesampai di Pantai tersebut anda akan menyaksikan sebuah teluk dengan bebatuan karang megah, pepohonan kelapa, ombak yang besar, serta pasir putih yang bersih. Jadi saat kesini jangan lupa tetap jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan.
Bagaimana apakah anda penasaran dengan keindahan taman bawah laut Siwil ini? Buktikan sendiri ini benar-benar ada di Pacitan.


1 komentar:

  1. "PANTAI SIWIL PACITAN JAWA TIMUR" Menikmati indahnya taman bawah laut layaknya Bunaken versi Pacitan [Desa Sidomulyo - Kecamayan Ngadirojo]

    http://alipz33.mywapblog.com/pantai-siwil-pacitan.xhtml

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjunganya!
Tolong berikan komentar, dan bagikan artikel ini melalui media sosial..