Kamis, 09 Juli 2015

"UPACARA ADAT METHIK PARI PACITAN" Sebuah prosesi ritual wujud syukur menyambut hari panen padi yang melimpah. [Desa Jeruk - Kecamatan Bandar]



methik pari bandar pacitan

Di setiap kecamatan di wilayah kabupaten Pacitan memiliki upacara adat atau ritual-ritual yang di adakan minimal setahun sekali. Upacara semacam ini biasanya berupa ritual bersih desa, sedekah bumi dan lain-lain. Salah satunya yang ada di kecamatan Bandar, yaitu yang biasa di kenal dengan istilah "Methik pari".

upacara adat methik pari jeruk bandar pacitan

Upacara adat Methik Pari atau Petik Pari biasa dilakukan oleh masyarakat dari Desa Jeruk yang berada di kawasan puncak pegunungan Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan Jawa Timur yang mayoritas matapencaharian penduduknya adalah bertani.
Upacara adat ini dikenal sudah ada sebelum zaman penjajahan, yaitu pada zaman nenek moyang kita mulai mengenal bercocok tanam khususnya padi.

tarian methik pari bandar pacitan jawa timur

Upacara adat Methik Pari merupakan perwujudan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas pemberian limpahan rejeki berupa panen padi. Upacara ini dilakukan menjelang panen tiba tepatnya sehari sebelum panen raya, dan biasanya dilaksanakan pada malam hari.
Dan pada bagian inti dari Upacara adat ini di juga di tampilkan tarian "methik pari". Hiburan semacam ini biasanya hanya diadakan untuk acara memetik (memanen) padi. Yang juga bertujuan untuk menghormati Dewi Sri dan Joko Sadono.

1 komentar:

  1. "UPACARA ADAT METHIK PARI PACITAN JAWA TIMUR" Sebuah prosesi ritual wujud syukur menyambut hari panen padi yang melimpah. [Desa Jeruk - Kecamatan Bandar]

    http://alipz33.mywapblog.com/ritual-methik-pari-jeruk-bandar-pacitan.xhtml

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjunganya!
Tolong berikan komentar, dan bagikan artikel ini melalui media sosial..