Kamis, 16 Juli 2015

"PANTAI KOWANG & WATU BALE PACITAN" Tetangga pantai Soge ini makin lengkap dengan keindahan batuan lepas pantainya. [Desa Jetak - Kecamatan Tulakan]



gambar foto pantai kowang ujung-timur
PANTAI KOWANG PACITAN (Jetak - Tulakan)


Pantai Kowang adalah salah satu pantai di Pacitan yang akhir-akhir ini mulai di kenal. Selain keindahanya, pantai Kowang juga merupakan pantai yang berada di dekat akses Jalur Lintas Selatan atau (JLS). Lokasinya dekat dengan Pantai Soge, tepatnya di sebelah baratnya.

Pantai Kowang berada di Desa Jetak Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Pantai ini cukup mudah ditemukan melalui akses jalan JLS arah Pacitan-Trenggalek. Lokasinya berada di sebelah barat Pantai soge yang lebih dulu terkenal. Kalau dari arah Pacitan kota jalan masuk Pantai Kowang berada di Kanan Jalan (ada papan nama). Ikuti jalur utama jalan rabat menurun maka akan berakhir di pantai kowang tersebut.

pantai kowang watu-bale

Pertama sampai di atas bukit, anda akan disambut ombak khas Pantai selatan Jawa. Sulitnya usaha saat menakhlukan jalan saat turun keluar dari JLS akan terbayar lunas saat menyaksikan keindahan Pantai ini. Di situ terlihat tumpukan-tumpukan batu pemecah ombak yang bisa anda gunakan duduk melepas lelah. Ombak yang menghantam bebatuan kadang membawa percikan-percikan air, sehingga membuat udara menjadi lebih sejuk ditambah angin yang berhembus kencang.

Tak puas disitu, pantai ini masih punya sisi lain yang memiliki beragam keunikan. Anda bisa telusuri jalan ke arah barat yang baru di buka warga sekitar, jalan itu merupakan salah satu akses menuju lokasi "Watu Bale". Watu bale ini merupakan batuan karang lepas pantai yang berbentuk unik. Batunya cukup lebar dengan permukaan diatasnya datar seperti lantai yang lebar (mirip sebuah meja atau dipan atau mungkin ada pula yang beranggapan mirip sebuah kapal)

pantai kowang ujung-barat pantai kowang jalan-dibuat
pantai kowang dari-tebing.jpg pantai kowang bagian -tengah

Watu bale tersebut bisa anda saksikan dari sebuah tebing karang disebelah barat Pantai Kowang. Pinggiran tebing ini cukup curam dengan air laut membiru dibawahnya, sehingga pengunjung dilarang berdiri atau duduk-duduk di sekitar ujung-ujung tebing batu tersebut.

Saat kita berdiri di atas tebing ini sambil melihat lepas pantai, rasanya seperti berada di sebuah pulau kecil yang dikelilingi perairan. Tebingnya hijau mengembung membentuk sebuah bukit ditumbuhi rumput dan tetumbuhan kecil lainya. Sedangkan pemandangan sebelah barat, disana tampak Pantai Pidakan dari kejauhan. Tapi pemandangan jadi lain saat kita menghadap ke belakang pantai. Disana terlihat Tebing-tebing dan perbukitan tinggi yang memagari pantai tersebut.

pantai kowang atas-tebing pantai kowang adv2
pantai kowang adv1-jetak-tulakan.jpg pantai kowang adv-watu-bale

Sayangnya di pantai ini tidak cocok buat anda yang suka bermain air. Karna lokasi pasir pantainya bisa dibilang tidak ada. Hanya bebatuan yang kadang-kadang tersapu ombak. Dan juga belum dibangunya sarana fasilitas pengunjung untuk saat ini yang jadi kendala. Tapi jangan khawatir karna kendaraan sudah bisa sampai di bibir pantai terutama roda 2, dan sekaligus memarkirkan kendaraan anda disitu. Jadi jangan lupa kunjungi pantai ini saat anda melintasi JLS Pacitan..

pantai kowang ujung-timur