Jumat, 08 April 2016

"PENYAKIT ASAM URAT" Penyebab, Gejala, Mengobati, dan Cara Pencegahanya.



183310-asam-urat-663-382.jpg
"PENYAKIT ASAM URAT" Penyebab, Gejala, Mengobati, dan Cara Pencegahanya.

Salah satu penyakit yang cukup menjengkelkan adalah "asam urat". Hyperuricemia atau biasa disebut dengan asam urat merupakan zat yang dihasilkan dari buangan metabolisme dari purin, purin yang masuk ke dalam tubuh kita akan diubah menjadi asam urat dan kemudian dibuang melalui ginjal. Asal urat di dalam darah akan meningkat dengan beberapa kondisi seperti mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin tinggi.

Beberapa makanan yang banyak mengandung purin tinggi dan sebaiknya anda hindari yaitu berupa jeroan, hati, ginjal, limpa, usus, babat, otak, kerang, udang, kepiting, cumi-cumi, sarden, kornet, telur, daging, kuah yang kental, tempe, oncom, bayam, susu kedelai,kangkung, daun singkong, dan kembang kol. Selain beberapa makanan di atas, minuman beralhokol juga harus anda kurangi bahkan anda hindari.

PPENYEBAB PENYAKIT ASAM URAT

Di bawah ini merupakan penyebab umum dari kadar asam urat tinggi termasuk kondisi medis, obat-obatan, predisposisi genetik, dan faktor makanan.

1. Kondisi Medis
Tiroid kurang aktif ( hipotiroidisme), leukimia,psoriasis, dan obesitas.

2. Obat dan Vitamin
Jenis obat-obatan yang bersifat diuretik, niasin, vitamin B3 dan obat imunosupresif dan dapat memicu asam urat.

3. Makanan
mengkonsumsi makanan yang kaya akan purin seperti yang sudah disebutkan di atas dan meminum minuman berkafein.

asam-urat.jpg

GEJALA PENYAKIT ASAM URAT

Meningkatnya kadar asam urat mungkin tidak terdiagnosis sebab beberapa orang mungkin asimtomatik. Tetapi beberapa orang dengan kadar asam urang yang meningkat kemungkinan akan mengalami gejala yang disebabkan efek dari asam urat yang berlebihan pada tubuh sang penderita. Semisal, hiperurisemia dapat menyebabkan gout atau radang sendi dan penyakit ginjal seperti gagal ginjal dan batu ginjal. Kondisi medis ini akan dieksplorasi secara terperinci seperti berikut ini :

1. Batu Ginjal
Batu ginjal ini dapat berkembang jika seseorang tersebut menderita kadar asam urat tinggi, dan batu ginjal tersebut tidak mungkin terdeteksi sampai mereka terjebak ke dalam ureter yang dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa dan menyebabkan seseorang tersebut sering buang air kecil, kencing darah, mual dan muntah. Gejala umum batu ginjal ini adalah nyeri yang tiba-tiba dan intens dalam perut, panggul, dan daerah pangkal paha yang cenderung datang secara bertubi-tubi. Gejala tambahan yang lain seperti kencing darah dan rasa nyeri saat buang air kecil.

2. Nyeri Sendi
Nyeri sendi karena asam urat akan terjadi pada sendi yang sering mendapatkan tekanan misalnya mata kaki, ujung jempol kaki, tumit, siku, dan dapat juga di daerah telinga. Gejala nyeri ini akan sering dirasakan pada malam dan pagi hari saat cuaca dingin. Rasa nyeri ini datang disebabkan oleh penumpukan kadar asam urat di celah-celah sendi yang menyebabkan munculnya peradangan. Bila hal ini sudah mencapai kondisi kronis, maka akan terjadi kerusakan permanen pada sendi-sendi tersebut.

3. Gagal Ginjal
Gejala yang sangat parah yang lain terkait kadar asam urat tinggi yaitu gagal ginjal yang bermanifestasi menjadi kurangnya kencing, pembengkakan pada tungkai, sesak nafas, mengantuk dan kebingungan, kelelahan, atau nyeri dada. Gagal ginjal ini dapat berkembang pada pasien yang menderita leukimia, limfoma hodgkin dan limfoma non hidgkin karena adanya kadar asam urat yang tinggi. Hal ini merupakan konsekuensi dari kemoterapi yang membunuh sel-sel ganas.

4. Penyakit Lain
Walaupun riset terakhir telah memberikan petunjuk bahwa kadar asam urat yang tinggi terkait dengan hipertensi, diabetes atau kencing manis, dan penyakit jantung, hal tersebutt masih harus selalu diteliti apakah mengurangi kadar asam urat akan mengurangi kondisi tersebut.

asam-urat-3.jpg

MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT ASAM URAT

Langkah yang tepat untuk mencegah atau mengobati asam urat yang tinggi ini dengan menghindari makanan yang tinggi purin , berikut ini cara menarik yang lainnya agar kandungan asam urat anda rendah :

  • Meminum kopi dapat menurunkan kadar asam urat secara signifikan
  • Dalam kondisi serangan akut, obat penurun asam urat justru memperberat rasa sakit, sehingga harus di hindari
  • Meminum air mineral 8 gelas perhari secara terus menerus, hal ini akan membantu menghilangkan kandungan asam urat yang tinggi
  • Mengkonsumsi alkohol akan menurunkan buangan asam urat melalui ginjal ( jangan terlalu banyak )

Jika hal di atas sudah anda lakukan dan masih belum membuahkan hasil yang maksimal, segera konsultasikan kepada dokter ahli asam urat agar dilakukannya penanganan lebih lanjut. Semoga artikel tentang gejala asam urat, penyebab dan cara pencegahan di atas bermanfaat bagi anda semua untuk selalu menghindari dan mencegah segala bentuk penyakit yang kapan saja dapat menyerang kita semua.

Baca juga "SAKIT TIPES" Penyebab, Gejala, Obat, Pantangan, dan Cara Pencegahanya.

Sumber: Doktergaul.net

1 komentar:

  1. "PENYAKIT ASAM URAT" Penyebab, Gejala, Mengobati, dan Cara Pencegahanya.

    http://alipz33.mywapblog.com/penyakit-asam-urat-penyebab-gejala-mengo.xhtml

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjunganya!
Tolong berikan komentar, dan bagikan artikel ini melalui media sosial..