Minggu, 18 Oktober 2015

"PANTAI DENOMBO PACITAN" Si perawan nan menawan dari Pacitan ini masih satu spot dengan Pantai Sruni. [Desa Jlubang - Kecamatan Pringkuku]

gambar foto PANTAI DENOMBO PACITAN
PANTAI DENOMBO (Jlubang - Pringkuku)

Pacitan surga pantai, mungkin kata-kata ini cukup berlebihan untuk menyebut sebuah kabupaten tanah tempat Kelahiran mantan presiden RI bapak SBY ini. Namun memang tak dapat di pungkiri, Pacitan ini memliki banyak destinasi wisata yang menawan. Selain terkenal akan goa-goanya Pacitan juga di kenal memiliki Pantai-pantai yang indah. Baik pantai yang sudah di kenal wisatawan maupun pantai-pantai yang masih virgin. Seperti halnya yang akan kita ulas, pantai virgin yang satu ini bernama "Denombo".

BAGIAN BARAT PANTAI DENOMBO PACITAN pasir putih pantai denombo jlubang pringkuku pacitan

Pantai Denombo atau ada juga yang menyebutnya Pantai Wedi ombo merupakan bagian pantai yang masih satu spot dengan Pantai Sruni. Bahkan sebagian orang kurang faham dan masih menganggap pantai ini masih masuk wilayah Pantai Sruni. Padahal wilayah Perairan di sini di bagi menjadi beberapa pantai, dan biasanya masing-masing pantai dengan namanya sendiri-sendiri ini ada pembatas alamnya berupa tebing atau bebatuan karang. Nah pantai Denombo ini bereda di sebelah barat tebing Pantai Sruni.

Karna masih bertetangga dengan Sruni, sudah pasti pantai ini masih masuk wilayah Desa Jlubang Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Dan akses ke Pantai Denombo ini sudah terbilang mudah karna satu jalur dengan Pantai Watukarung yang sudah di kenal sampai mancanegara. Jadi anda tidak akan kesulitan mencari akses jalur ke pantai ini, karna searah dengan Pantai WK yang sudah lengkap dengan papan penunjuk arah.

dari barat pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan tebing barat dari tengah pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan
dari tebing barat pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan tampak timur pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan
dari atas tebing barat pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan karang tengah pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan

Rute menuju pantai Denombo ini jalurnya sama dengan ke pantai Sruni, dan ada 2 jalur yang bisa anda lalui yaitu :

Yang pertama Dari arah barat Solo / Jogja lewat jalur ke Goa Gong, Dari manapun anda datang masuk jalur Pacitan - Solo, dan belok di Kecamatan Punung tepatnya barat pasar (dekat masjid) yaitu pertigaan ke Goa Gong, kalau dari arah Solo belok kanan. Ikuti jalan hingga sampai di pertigaan komplek Goa Gong, lalu belok kanan ikuti jalan ke Pantai Klayar atau Desa Kalak hingga sampai di perempatan Kalak belok kiri. Ikuti terus jalan utama, ketika sampai di pertigaan ke Klayar, anda ambil jalan yang lurus saja ikuti terus jalur utama arah Pantai Watukarung / Pantai Srau hingga bertemu pertigaan arah Watukarung belok kanan, ikuti terus jalan utama hingga bertemu lokasi tiketing masuk Pantai Watukarung.
Nah di depan situ ada persimpangan jalan kecil kekiri (sebelum tempat pelelangan ikan) dengan Papan penunjuk arah ke Pantai Sruni dan lain-lain, ikuti jalan kekiri di depan lokasi tiket masuk Watukarung itu melewati jembatan (lalu bersambung jalan rabat) hingga bertemu papan kecil non permanen ke Pantai Kasap di sisi kanan jalan, Di situ parkir lalu jalan kaki melewati jalan setapak di kanan jalan itu maka akan sampai di pantai Kasap. Nah pantai Denombo adalah sebalah timurnya pantai kasap itu.
Selain itu anda juga bisa melewati Pantai Sruni yaitu setelah sampai di papan arah ke pantai Kasap tadi terus saja lanjut perjalanan hingga bertemu lagi papan penunjuk arah di kanan jalan yang bertuliskan Pantai Sruni. Lalu parkir di situ dan berjalan melewati ladang warga sekitar. Tak lama akan sampai di pantai, pantai yang pertama itu adalah Pantai Sruni sedangkan Denombo ada di sebelah baratnya.

Rute yang kedua adalah dari Pacitan kota melalui jalur bus (lewat atas Pantai Telengria) terus ikuti arah Pantai Srau / Watukarung, sampai pertigaan Pringkuku belok kiri (arah Srau). Terus lalu sampai pertigaan lagi belok kanan ikuti arah Watukarung / Klayar (di setiap persimpangan ada papan Penunjuk arah permanen), terus ikuti jalur utama sampai pertigaan Watukarung - Klayar. pilih arah Watukarung yang belok kiri, terus ikuti sampai bertemu persimpangan yang bertuliskan ke Pantai Sruni, Kasap, Denombo, Dll (belok kiri setelah lokasi tiket masuk pantai Watukarung) selanjutnya sama seperti rute pertama tadi untuk sampai di Pantai.

bebatuan terkikis unik pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan karang tengah pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan
tebing batas timur pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan bebatuan karang timur pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan
bebatuan karang tengah pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan bebatuan piramid pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan

Sesuai namanya Pantai "Denombo" atau Wedi ombo dalam bahasa jawa yang artinya "Pasir lebar". Hal ini memang sesuai dengan karakteristik pantai Denombo yang bibir pantainya merupakan hamparan pasir yang sangat luas. Dengan diapit tebing di sisi kiri dan kananya. Bagian tengah pasir pantai ini juga terdapat batu karang yang memanjang kearah laut menantang ombak selatan. Dan ada yang mengatakan bahwa di bagian sisi barat pantai ini entah itu perairan atau mungkin juga tebingnya di beri nama "Benteng mati".

Denombo ini unik karna lokasinya di tengah-tengah dari dua pantai, sisi kiri berbatasan dengan Pantai Sruni dan kananya berbatasan dengan Pantai Kasap. Dan perlu anda tau, pantai ini lebih indah saat di saksikan dari atas bukit. Yaitu dengan mendaki bukit barat yang berbatasan dengan Pantai Kasap.

Walau fasilitas pengunjung belum ada, tapi hal ini takkan mengurangi keindahan pantai perawan ini. Pantai-pantai di sebalah timur Watukarung ini juga masih gratis, hanya membayar Rp.5000 untuk masuk wilayah Pantai Watukarung. Jadi jangan lupa mampir ke pantai alami ini saat anda berkunjung ke pantai Watukarung maupun Pantai Sruni.

petualangan arah barat tebing barat pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan petualangan ber2 tebing timur pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan
petualang arah barat pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan petualangan karang tengah pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan
petualangan tebing timur pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan petualangan tebing timur pantai denombo jlubang pringkuku wisata pacitan