Sabtu, 24 Oktober 2015

"PANTAI KASAP PACITAN" Pantai Virgin ini bisa jadi alternatif menikmati sunset di Pacitan. [Desa Jlubang - Kecamatan Pringkuku]

gambar foto pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan
PANTAI KASAP (Jlubang - Pringkuku)

Lagi-lagi Pacitan Kabupaten berjuluk "Kota seribu satu goa" ini menyuguhkan keindahan wisatanya. Dan tak ada habisnya kali ini yang akan kita bahas adalah wisata pantainya yang masih benar-benar alami belum tersentuh campur tangan manusia, tak lain pantai kali ini adalah "Pantai Kasap".

Berada di kecamatan Pringkuku Pantai ini sebenarnya masih bertetangga dekat dengan Pantai Watukarung dan Pantai Sruni. Tepatnya berlokasi di Desa Jlubang Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Selain itu Pantai Kasap ini juga berdampingan dengan Pantai perawan lainya yang juga belum begitu di kenal wisatawan. Pantai-pantai itu adalah Brecak yang ada di balik bukit baratnya, dan Pantai Denombo yang di batasi tebing timurnya sebelum akhirnya sampai Pantai Sruni.

Papan arah pantai brecak Kasap denombo sruni Jlubang pringkuku Pacitan papan penunjuk arah Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan
kebun cemara Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan Pasir putih Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan

Untuk menuju pantai Kasap ini jalurnya sama dengan ke pantai Sruni, dan ada 2 rute yang bisa anda lalui yaitu :

Yang pertama Dari arah barat Solo / Jogja lewat jalur ke Goa Gong, Dari manapun anda datang masuk jalur Pacitan - Solo, dan belok di Kecamatan Punung tepatnya barat pasar (dekat masjid) yaitu pertigaan ke Goa Gong, kalau dari arah Solo belok kanan. Ikuti jalan hingga sampai di pertigaan komplek Goa Gong, lalu belok kanan ikuti jalan ke Pantai Klayar atau Desa Kalak hingga sampai di perempatan kalak belok kiri. Ikuti terus jalan utama, ketika sampai di pertigaan ke Klayar, anda ambil jalan yang lurus saja ikuti terus jalur utama arah Pantai Watukarung / Pantai Srau hingga bertemu pertigaan arah Watukarung belok kanan, ikuti terus jalan utama hingga bertemu lokasi tiketing masuk Pantai Watukarung.
Nah di depan situ ada persimpangan jalan kecil kekiri dengan Papan penunjuk arah ke Pantai Sruni, Kasap, dan lain-lain, ikuti jalan kekiri di depan lokasi tiket masuk Watukarung itu melewati jembatan (lalu bersambung jalan rabat) hingga bertemu papan kecil non permanen ke pantai Kasap di kanan jalan, Di situ parkir lalu jalan kaki melewati jalan setapak di sisi kanan jalan itu maka akan sampai di pantai Kasap.

Yang kedua adalah dari Pacitan kota melalui jalur bus (lewat atas Pantai Telengria) terus ikuti arah Pantai Srau / Watukarung yaitu sampai pertigaan Pringkuku belok kiri (arah Srau). Terus lalu sampai pertigaan lagi belok kanan ikuti arah Watukarung / Klayar (di setiap persimpangan ada papan Penunjuk arah permanen), terus ikuti jalur utama sampai pertigaan Watukarung - Klayar. pilih arah Watukarung yang belok kiri, terus ikuti sampai bertemu persimpangan yang bertuliskan ke Pantai Sruni, Kasap, Dll (belok kiri setelah lokasi tiket masuk pantai Watukarung) seperti rute pertama tadi untuk sampai di Pantai.

Pasang surut Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan tebing barat Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan
sunset dari bukit timur Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan watu karung dari Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan

Seperti halnya karakter pantai-pantai Pacitan bagian barat, pantai Kasap ini juga berpasir putih dan berombak dahsyat. Walau garis pantainya sendiri cukup sempit berbentuk teluk berpasir melengkung dan di apit tebing sisi kiri dan kananya.

Di tepi pantai ini anda bisa bersantai merasakan angin yang semilir sambil menikmati deburan ombak pantai selatan yang memutih. Untuk yang menginginkan sensasi berbeda, tak ada salahnya anda mencoba menaiki bukit berumput hijau disisi kiri pantai ini. Dan rasakanlah keindahan pantai Kasap ini dari atas bukit.

Tak hanya itu, jika kamu kesini pada sore hari, maka kamu bisa menyaksikan sunset dari bukit ini. Sekaligus mangabadikanya dengan kamera kesayangan anda. Selain itu anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan sebelah barat yaitu pulau-pulau Pantai Watukarung hanya dengan mendaki tebing di atas Pantai Kasap ini.

petualang landccape Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan jalan2 tebing timur Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan
adventure arah barat dari tebing Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan trip arah timur dari tebing Pantai Kasap Jlubang pringkuku Pacitan

Dari tebing ini juga terlihat pantai-pantai sebelah timur diantaranya yang paling dekat adalah Pantai Denombo, karna sebenarnya tebing ini juga merupakan batas alam antara pantai Kasap dan Pantai Denombo / Benteng mati. Di timurnya lagi terlihat Pantai Sruni dan dari kejauhan juga terlihat pulau-pulau karang Pantai Srau.

Puas di pantai ini anda bisa mencoba ke pantai sebelah baratnya yaitu Pantai brecak. Dengan mendaki bukit sebelah barat atau sebelah kananya, pantai yang tersembunyi itu juga tak begitu jauh dari pantai ini.
Dan bagi anda yang menyukai petualangan, saat ke sini anda bisa menyusuri satu persatu pantai Perawan ini dari barat Pantai Brecak sampai ke timur Pantai Sruni, atau mungkih sebaliknya dari timur ke barat. Selamat berpetualang...