Selasa, 13 Oktober 2015

"PANTAI TAMPERAN PACITAN" Pantai asri berselimut hijau pepohonan dibalik Pelabuhan Perikanan Pantai. [Kelurahan Sidoharjo - Kecamatan Pacitan]



gambar foto Tamperan-pacitan
PANTAI TAMPERAN PACITAN (Sidoharjo - Kec. Pacitan)


Pantai tamperan di Pacitan ini masih merupakan salah satu bagian dari rangkaian perairan teluk pacitan. Lokasinya dekat bersebelahan dengan pantai telengria, tepatnya di sebelah baratnya. Dan kedua lokasi tersebut di pisahkan sungai kecil, saat air sungainya surut dari Telengria ke pantai Tamperan dapat di tempuh dengan jalan kaki melewati dekat Pelabuhan.

Tapi pantai Tamperan ini lebih di utamakan atau di kembangkan untuk lokasi pelabuhan perikanan, di bandingkan sebagai lokasi wisata. Walau masih banyak yang sengaja berkunjung ke tempat ini untuk sekedar menikmati panorama pantai ini. Khususnya para muda-mudi warga Pacitan sendiri. Karna di ujung barat pantai ini cukup menarik lokasinya cukup indah, nyaman, dan sepi cocok untuk mereka yang lagi berpacaran. :D

Suasana pantai yang teduh banyak pepohonan karna di sekitaran pantai ini merupakan hutan milik Pemerintah. dan adanya bebatuan karang, tebing perbukitan dan berbagai pepohonan di tepian pantai, membuat pantai ini menjadi sangat nyaman untuk sekedar refreshing dan memanjakan mata (terutama pada sore hari). Dari pantai ini juga terlihat keindahan rangkain pegunungan (Gunung Limo) yang terdapat tepat di sebelah timur.

Cewek - Pantai wisata Tamperan Pacitan Galau - Pantai wisata Tamperan Pacitan
Mbolang - Pantai wisata Tamperan Pacitan senja di - Pantai wisata Tamperan Pacitan

Di ujung pantai juga didirikan suar yang didominasi dengan warna merah, untuk mengatur lalul-intas laut memberikan tanda peringatan untuk kapal-kapal nelayan yang mau singgah di pelabuhan Pantai Tamperan ini.
Sayangnya jalan ke Pantai ini sudah mulai rusak dan sebagian juga ada yang tertimbun tanah longsor dan juga ada pohon-pohon tumbang di sekitar jalan ke pantainya, namun jangan kawatir karna kendaraan roda dua saat ini masih bisa sampai di tepi Pantai.

Padahal dulunya lokasi ini cukup terkenal apalagi waktu masih ada tempat pemandian atau kolam renangnya yang kini sudah ditutup, dan di biarkan begitu saja terbengkalai tanpa perawatan. Bahkan sampai sekarang kolam renang tersebut masih ada belum di bongkar di biarkan begitu saja menjadi kenangan.
Dan kini di sisi lain pantai ini telah di sulap menjadi pelabuhan perikanan pantai yang sibuk.

→ Rute ke pantai Tamperan Dari pusat kota sama dengan ke Pantai Telengria yang sudah ada papan penunjuk arahnya. Bedanya setelah sampai pertigaan masuk Pantai Telengria ambil arah lurus aja selanjutnya melewati jembatan lalu belok kiri, selanjutnya belok kiri lagi jalan menurun dari jalur bus setelah sampai pertigaan arah pelabuhan Tamperan dan ikuti jalur lurus dengan aspal rusak untuk sampai lokasi pantainya, sedangkan yang belok kiri lagi jalan kebawah adalah jalan ke pelabuhanya.


Tamperan-pacitan Tamperan-bebatuan-pacitan
Tamperan pacitan Pembangunan-dermaga-TAMPERAN

Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan yang lokasinya berada di selatan kota Pacitan. Diperlukan waktu sekitar 1,5 jam dari kota Ponorogo untuk dapat menjangkau tempat ini.
Selain sebagai pelabuhan tempat ini sekaligus juga merupakan pasar ikan. Ikan hasil tangkapan nelayan biasanya langsung ditransaksikan disini alias tidak dibawa pulang. Waktu itu beberapa jenis ikan laut yang dapat kami lihat antara lain ikan Tuna, ikan Layur, ikan tongkol, dan udang.
Bagi yang ingin menikmati langsung ikan tangkapan yang segar bisa langsung kita nikmati disini karena di sekitar tempat juga terdapat beberapa rumah makan yang menjual masakan laut alias sea food. Olahan ikan, cumi, udang dan balatentaranya.

Di tempat ini bukan hanya lidah yang dimanjakan oleh lezatnya olahan ikan, akan tetapi mata pun akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam di sekitar pelabuhan. Pantai, pelabuhan, dan gunung yang mengelilinginya berpadu menghasilkan harmoni alam yang indah.
Dan jangan khawatir tiket masuk lokasi ini sangat terjangkau, Rp 3.000,- untuk orang dewasa, dan Rp 200,- untuk masuk lokasi wilayah kerja pelabuhan perikanan pantai Tamperan. Selamat mengunjungi... Pelabuhan Perikanan Pantai Tamperan.


Pantai-tamperan-kolam-lama-yang-terbengkalai Tamperan-mercusuar-pacitan

Pacitan Jawa Timur punya banyak objek wisata menarik. Namun, di Pacitan juga ada bekas tempat wisata yang kini berselimut kisah horor. Bekas kolam renang Tamperan, konon dulunya banyak pengunjung yang mati tenggelam tanpa sebab.
Dulu ramai dikunjungi, sekarang terbengkalai. Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan tempat rekreasi berupa kolam renang yang berada di Tamperan, Kecamatan Pacitan ini. Sayang memang, saat kami mengunjungi lokasi ini, kami melihat sebuah lahan bekas kolam renang yang terbengkalai karena tidak terurus lagi.

Di lokasi ini dahulu merupakan tempat rekreasi yang menarik yang sangat ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan. Lokasinya yang strategis berada di atas bukit, di sebelah barat Pantai Teleng Ria sehingga lanskapnya langsung menghadap ke pantai menyuguhkan pemandangan yang begitu indah.
Tempat ini mulai terekspos kembali saat beberapa waktu lalu tim Mister Tukul Jalan-jalan melakukan liputan di Pacitan, yang mana salah satu lokasinya adalah bekas kolam renang Tamperan ini.

Papan-nama-tamperan-pacitan Jalan-dekat-tamperan-pacitan

Ya, kini kolam ini lebih terkenal karena keseramannya. Ada cerita tragis di balik tutupnya kolam renang yang dulu menjadi salah satu andalan wisata di Pacitan ini. Konon, ketika masih beroperasi, di kolam ini banyak sekali menenggelamkan para pengunjung yang berenang di dalamnya.
Anehnya, terkadang orang-orang tersebut tenggelam tanpa sebab yang jelas meskipun orang tersebut pandai berenang. Akhirnya banyak orang yang mengaitkan penyebab keganjilan ini dengan hal-hal mistis.

Setelah diresmikan pada tahun 1992, kolam renang ini tidak beroperasi begitu lama. Kini hanya tinggal kolam kosong yang ditumbuhi ilalang yang menjadi saksi bisu betapa tragisnya nasib salah satu spot pendulang rupiah pendapatan daerah yang dulu pernah berjaya ini. Walaupun demikian, masih banyak orang-orang yang datang ke lokasi ini sekedar menikmati pemandangan pantai Teleng Ria dari atas bukit yang memang begitu eksotis.

Andai saja kolam ini mendapatkan sedikit perhatian dari pemda setempat dengan merenovasinya, mungkin dengan pengelolaan yang tepat tempat ini akan menjadi tempat rekreasi yang dapat menarik banyak wisatawan terlepas dari sejarah kelam yang menyelimuti tempat ini. Atau, menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata mistis yang menarik dikunjungi oleh para traveler bernyali tinggi? Atau buat anda yang suka berpetualang ada satu lagi pilihan pantai tak jauh dari Tamperan yang cukup di minati anak muda, yaitu Pantai Babakan Tuguragung yang berlokasi di bawah lapangan tembak pelatihan TNI di kecamatan Pringkuku.


Tamperan-pacitan Jejak ku pantai tamperan pantai pacitan