Rabu, 27 Juli 2016

"PANTAI NGENESAN PACITAN" Si perawan nan rupawan ini tidak ngenes seperti namanya. [Desa Jetak - Kecamatan Tulakan]



indahnya pantai ngenesan jetak tulakan pacitan
PANTAI NGENESAN - JETAK TULAKAN PACITAN


Pantai Soge dan Pantai Pidakan di Pacitan memang sudah cukup dikenal, apalagi setelah dibukanya JLS yang menghubungkan Pacitan-Trenggalek. Namun sebenarnya sudah ada Pantai Taman yang sebelumnya sudah cukup lama dikenal dan dikembangkan jadi obyek wisata. Memang sejak dibangunya JLS banyak pantai Pacitan yang mulai terbuka akses jalanya, terutama di Pacitan sebelah timur mulai dari Kecamatan Kebonagung, Tulakan, Ngadirojo, hingga Kecamatan Sudimoro. Salah satunya ada sebuah pantai yang berada di Kecamatan Tulakan yaitu Pantai Ngenesan yang masih tergolong perawan dan masih sepi.

perairan pantai ngenesan jetak tulakan pacitan

Pantai Ngenesan berada di antara Pantai Soge dan Pantai Pidakan yang sudah cukup di kenal. Jaraknya kurang lebih hanya sekitar 500-an meter saja treking dari JLS, anda sudah bisa menemukan pantai landai nan indah tersebut.

landscape pantai ngenesan jetak tulakan pacitan

Untuk menuju Pantai Ngenesan ini memang belum di bangun jalan, hanya ada jalan kecil menuju ladang warga saat mencari rumput atau memanen hasil kebun. Jalanya setapak dan agak licin banyak bebatuan dan semak belukar, jadi perlu hati-hati saat melewatinya. Dan untuk parkir kendaraan sebaiknya dititipkan di sekitar warung yang ada di sekitar JLS tersebut.

karang pantai ngenesan jetak tulakan pacitan

Pertama sampai di sekitar pantai anda akan disambut hamparan kebun kelapa yang luas dan teduh. Udaranya sejuk dengan atap alami rindangnya pepohonan kelapa. Seandainya saja ada rencana untuk dikelola, lokasi ini sangat cocok dijadikan tempat parkir, warung makan, maupun bangunan homestay atau hotel. Namun dengan kealamianya saja memang sudah cukup menawan.

pesona pantai ngenesan jetak tulakan pacitan

Bibir pantai yang cekung mulai menampakkan keindahanya, membentang dari timur ke barat perbatasan Pantai Pidakan. Semakin dekat semakin kelihatan pantai yang landai dengan bebatuan karang lengkap dengan pasir pantainya yang agak kecoklatan.

barat bukit pantai ngenesan jetak tulakan pacitan

Dibagian timur pantai terdapat bebatuan besar yang menjorok ke laut, seakan ini bagaikan kapal yang kandas. Ada pula batu yang bertumpuk mirip candi, namun ini permukanya tajam jadi harus pakai alas kaki tebal untuk melewatinya. Selain itu juga terlihat lumut-lumut di bebatuan yang baru terlihat saat surut, ini sungguh indah bisa dijadikan obyek fotografi.

bebatuan pantai ngenesan jetak tulakan pacitan

Sedangkan disebelah barat pantai terdapat tebing batu berlapis-lapis dengan warna yang berbeda-beda tiap lapisnya seperti batuan endapan, ini cukup indah ditambah lagi adanya aliran sungai yang mengikis bagian bawah batuan tersebut. Pantai ini berbentuk teluk yang berhadapan langsung dengan laut selatan Jawa, meskipun terkenal berombak besar namun disini aman untuk bermain air, karena banyak bebatuan yang menjadi pemecah ombak alami.

dari timur pantai ngenesan jetak tulakan pacitan

Di wilayah pasang surut airnya masih tampak jernih walau terkadang dasar airnya berlumpur. Disitu bisa dilihat ikan-ikan kecil berenang berkejaran diantara bebatuan, udang karang kecil-kecil berwarna gelap juga ada yang menempel di permukaan bebatuan dengan sungutnya yang panjang. Selain itu juga ada kepiting kecilnya yang berlarian diatas pasir dalam jumlah yang sangat banyak menandakan bahwa Pantai Ngenesan ini masih benar-benar alami.

selfie pantai ngenesan jetak tulakan pacitan

Meski tidak ada pengelolaan dari dinas terkait, namun tampaknya pantai-pantai perawan semacam ini sudah cukup menarik dibiarkan dengan kealaminya. Walau jalan masuknya juga hanya jalan setapak, tapi justru hal inilah yang bisa memberikan tantangan bagi anda yang berjiwa petualang. Bagi anda yang hobi mengunjungi tempat-tempat baru, tak ada salahnya anda memasukkan nama Pantai Ngenesan kedalam daftar kunjungan anda selanjutnya. Selamat berkunjung.. Jaga ekosistem, jaga alam kita...


Photo: Kompasiana.com