Selasa, 19 Juli 2016

"GOA SUKOMONO PACITAN" Goa misterius yang ditemukan secara tidak sengaja di tepi JLS Pacitan. [Desa Dadapan - Kecamatan Pringkuku]



atap Goa sukomono dadapan pringkuku pacitan
GOA SUKOMONO (DADAPAN) PRINGKUKU PACITAN


Selain Pantainya yang cukup dikenal, tak salah jika Pacitan mendapat julukan Kota 1001 Goa, karena faktanya Kabupaten ini memang benar-benar memiliki banyak sekali Goa. Dari yang sudah jadi obyek wisata maupun yang masih benar-benar terjaga kealamianya belum terjamah tangan manusia. Dari kesekian banyaknya goa karst Pacitan, ada satu nama goa yang masih tergolong baru, yaitu Goa Sukomono.

bibir Goa sukomono dadapan pringkuku pacitan

Gua Sukomono atau biasa juga disebut Goa Dadapan ini letaknya memang berada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau karena berada tepat dipinggir JLS atau Jalur Lintas Selatan. Kalau dari Pacitan kota melintasi jalur bus lewat atas Pantai Teleng ria. Dalam perjalanan anda akan disuguhi pemandangan hijau pepohonan milik Perhutani, serta jalanan berkelok akan menjadikan perjalanan semakin seru.

lorong Goa sukomono dadapan pringkuku pacitan

Gua yang penemuanya secara tidak sengaja ini baru ditemukan sekitar awal tahun 2013. Waktu itu para pekerja proyek pelebaran jalan sedang mengepras dinding tebing disisi jalan utama JLS. Dari pengeprasan tersebut dihasilkan sebuah lubang kecil yang ternyata didalamnya berbentuk lorong panjang dan terdapat ruangan sama persis seperti sebuah goa yang lengkap dengan stalagtitnya.

ruang Goa sukomono dadapan pringkuku pacitan

Goa Dadapan ini bertipe gua Horizontal dengan mulut goa yang sempit. Namun panjangnya diperkirakan mencapai sekitar 150 meter. Tapi konon dari ceritanya Goa ini masih wingit dan belum banyak wisatawan yang mengunjunginya. Hanya sebagian dari pecinta alam dan traveler yang bernyali saja yang pernah memasuki Goa Sukomono ini.

stalagtit Goa sukomono dadapan pringkuku pacitan

Goa yang masih sejalur dengan wisata sejarah "Monumen Panglima Sudirman Palagan Tumpakrinjing" ini memiliki stalagtit yang indah dan masih sangat alami. Buat anda yang berjiwa petualang sejati, goa ini sangat pas untuk menguji nyali anda. Tapi tetap berhati-hati dan selalu waspada, dan jangan lupa jaga kebersihan serta kelestarianya. Selamat berpetualang...


Foto by: DetikTravel