Minggu, 09 Oktober 2016

"GUNUNG SEPANG PACITAN" Spot favorit trekking dan camping serta menikmati indah landscape laut lepas dari ketinggian. [Desa Tulakan - Kecamatan Tulakan]



LANDSCAPE GUNUNG SEPANG, TULAKAN PACITAN.
GUNUNG SEPANG, TULAKAN PACITAN.


Selain dikenal mempunyai banyak Goa dan Pantai, Pacitan punya banyak gunung itu sudah pasti, karena memang sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan dan hanya sebagian kecilnya saja yang berupa dataran rendah. Selain Gunung Limo yang sudah dikenal sebagai ikon kabupaten Pacitan, rupanya diwilayah timur Pacitan masih banyak gunung-gunung lain yang cukup dikenal dan juga sering dikunjungi. Diantaranya ada "Gunung Sepang".

Gunung Sepang merupakan gunung tertinggi diantara gunung-gunung lainya di Tulakan. Seperti halnya Gunung Lanang yang ada di Desa Punjung, puncak gunung ini pun cukup luas dan datar sehingga bisa mendirikan tenda untuk camping. Suasana malamnya dan kerlap-kerlip lampu perkotaan juga turut melengkapi keindahanya. View pemandangan yang indah di siang hari serta hawa yang sejuk akan anda rasakan disini. Treknya tidak terlalu sulit sehingga masih cocok bagi pendaki pemula. Pokoknya rekomended banget buat traveler pecinta trekking dan camping.

CAMPING GUNUNG SEPANG TULAKAN PACITAN

Gunung Sepang ini berada di Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan Jawa timur. Kalau dari namanya mungkin banyak yang mengira lokasinya berada di Dusun Sepang, Desa Tulakan. Tapi sebenarnya kaki Gunung Sepang berada di antara empat dusun yang terbagi menjadi empat wilayah desa. Yaitu di Dusun Tembelang Desa Tulakan, Dusun Sriten Desa Wonoanti, Dusun Gadungan Desa Padi, dan Dusun Pagerejo Desa Bungur. Jadi bisa dikatakan kalau Gunung Sepang merupakan batas alam dari ke empat wilayah tersebut.

DARI DEKAT GUNUNG SEPANG TULAKAN PACITAN

Gunung Sepang Tulakan bisa diakses dari Pacitan kota melalui jalur Pacitan - Lorok (arah timur pasar Arjowinangun belok kiri bukan via JLS Kebonagung yang belok kanan). Jaraknya sekitar 45km kemudian ada jalan masuk disebelah barat SMPN 1 Tulakan. Atau juga bisa lewat daerah Bonsiak kurang lebih 1km sebelum Pasar Tulakan. Dari situ menempuh jarak sekitar 2km lagi untuk sampai di Dusun Sepang. Kendaraan roda 2 maupun roda 4 masih bisa masuk hingga dekat SDN Tulakan 1 yang sudah termasuk wilayah kaki gunung Sepang, kemudian belok kanan melalui jalan rabat cor.

DARI JALAN GUNUNG SEPANG TULAKAN PACITAN

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan jalan kaki hingga menempuh jalan yang curam saat pendakian. Dan sebaiknya jangan melakukan pendakian saat musim hujan karena selain jalanya jadi licin juga banyak bebatuan yang rawan longsor. Dan kalau anda berniat menginap sebaiknya minta izin dulu dengan warga setempat. Juga jangan lupa bawa perbekalan dan perlengkapan secukupnya.

DARI SAWAH GUNUNG SEPANG TULAKAN PACITAN

Saat mendaki gunung ini sebaiknya bersikap wajar dan menjaga etika, jangan merusak apapun yang ada disana agar kelestarianya tetap terjaga. Sebenarnya dulu menurut cerita warga disana, lereng Gunung Sepang ini masih asri dan sangat terjaga kealamianya. Pepohonan masih lebat dan banyak monyet / kera penghuni hutan tersebut. Namun kera-kera tersebut perlahan menghilang seiring berjalanya waktu karena pohon disana juga semakin jarang.

FOTO BARENG GUNUNG SEPANG TULAKAN PACITAN

Treking untuk sampai di puncak Gunung Sepang memakan waktu antara 1 - 2 jam. Trek pendakian yang berliku dan terjal dengan suasana didalam hutan akan memberikan tantangan tersendiri bagi para pendaki. Semakin berat medan yang di takhlukkan pastinya akan membuat perjalanan semakin seru. Tapi tentunya juga harus didukung dengan fisik dan tekad yang kuat meski treknya juga masih wajar dan masih cocok untuk pemula.

PUNCAK GUNUNG SEPANG TULAKAN PACITAN

Sesampainya di puncak anda akan disuguhi bentang panorama alam yang mengagumkan. Kalau tidak terhalang kabut disebelah barat bisa terlihat rangkaian Gunung-gunung yang beberapa diantaranya adalah Gunung Limo. Belum lagi disebelah selatan bisa anda saksikan landscape laut lepas Pantai Taman (Lorok) yang terpampang nyata. Selain itu penampakan Sunrise dari Puncak Sepang juga tak kalah indah.

Bagi yang berminat mungkin Gunung Sepang ini bisa jadi referensi wisata pendakian anda selanjutnya di Pacitan selain Gunung Lanang dan Gunung Limo tentunya. Sekian sekelumit info yang bisa kami bagikan semoga bisa menambah wawasan anda tentang kekayaan dan keindahan alam Pacitan.


Sumber gambar :
panoramio.com
wikimapia.org
aroyad.wordpress.com
donesia.wordpress.com