Selasa, 14 April 2015

"PANTAI GELON PACITAN" Pantai yang masih sangat perawan ini berada di lokasi calon pelabuhan niaga Pacitan. [Desa Kembang - Kecamatan Pacitan]



foto gambar Gelon pantai pacitan
PANTAI GELON PACITAN (Kembang - Pacitan)


Satu lagi nama Pantai di Pacitan Yang bisa dibilang masih Virgin, yakni "Pantai Gelon". Pantai Gelon merupakan pantai yang sangat tertutup di Pacitan. Karena jalan menuju pantai ini memeng belum ada. Kalaupun ada itu mungkin hanya jalan setapak, yang hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki menyusuri hutan lebat. Namun akhir-akhir ini akses jalan ke pantai ini sudah mulai dibuka, seiring rencana akan di bangunya Pelabuhan di sekitar lokasi ini.

Pantai Gelon berada di Desa Kembang Kecamatan Pacitan. Mendengar Nama Desa Kembang, letak Pantai ini memeng terdengar dekat dengan pusat kota. Namun ya itu tadi, dari pusat kota memang belum ada jalan yang bisa di lalui kendaraan karna tersembunyi di balik bukit. Dan satu lagi walau masih Berada di Kecamatan Pacitan, sebenarnya Pantai Gelon sudah berada dekat dengan Perbatasan Kecamatan Kebonagung, yaitu Desa Plumbungan.

Dilihat dari deretan garis Pantai di Pacitan, Pantai Gelon ini memang letaknya tidak jauh dari Teluk Pacitan (Pantai Telengria). Dan bahkan salah satu bagianya bisa di lihat dari Pantai Tamperan. Namun Pantai Gelon ini cukup Terpencil dari keramaian Kota. Karna lokasinya terselubung di balik bukit dan Hutan Perhutani (milik pemerintah) di sebelah timur Pantai Pancer .

Gelon - desa kembang pantai pacitan

Namun sekarang Untuk menuju Pantai Gelon akses jalanya sudah di buka melalui jalur pelabuhan nantinya, namun belum jadi sempurna baru tanah yang di padatkan namun sudah cukup lebar namun masih tetap hati-hati (di anjurkan bawa kendaraan roda 2 saja). Dari Pacitan kurang lebih 7 KM memakan waktu antara kurang dari 1 jam.

→ Rute Jalan Alternatif ke Pantai Gelon dari pusat Kota Pacitan (Alun-alun) Ke timur melewati Jembatan Grindulu terus Pasar Arjowinangun belok kanan ke arah Selatan, Sampai tikungan ujung jalan belok kiri, ke timur melewati JLS lihat kanan jalan ada Gapura Desa Sirnoboyo (arah lapangan), lalu belok ke kanan itu. Setelah melewati lapangan sepak bola desa Sirnoboyo ada pertigaan ke arah kanan ikuti (jalan sempit) itu terus hingga sampai jalan lebar (JLS baru) belok kiri melewati desa Kembang ada tikungan JLS maka ikutilah jalan sempit beraspal sampai naik ke bukit jalan baru calon ke pelabuhan yang baru tahap pengerjaan. Selain jalan sempit beraspal, kini juga sudah bisa lewat jalan lebar calon ke pelabuhan dengan mengikuti kelokan kekanan sampai pertigaan besar pilih arah kiri ikuti jalan hingga naik ke arah pelabuhan. (tanyakan ke warga sekitar arah jalan baru ke pelabuhan gelon kalau masih bingung jalanya). Dari jalan itu anda belum bisa langsung sampai di pantai, tapi harus jalan kaki melewati atas Pantai Pancer sebelum akhirnya sampai di Pantai Gelon .

Untuk sampai bibir pantai anda masih harus jalan kaki karna Kendaraan tidak bisa sampai di pantai (kecuali bawa sepeda motor cross). Di sini suasana benar-benar sepi. Hanya terdengar nyanyian alam dari burung-burung dan satwa-satwa liar di lokasi hutan ini, tiupan angin yang sejuk dan pemandangan pepohonan hijau, serta ombak besar yang menyapu karang khas laut selatan.

Pantai gelon kembang pantai pacitan Pantai dekat lokasi pelabuhan pantai pacitan

Terlihat air laut yang biru kehijauan yang menandakan perairan ini dalam. Makanya lokasi ini akan di jadikan Pelabuhan internasional. Namun sampai artikel ini keluar pembangunan itu belum ter-realisasi. Hanya pembukaan akses jalan dan pengurukan landasan di sebagian bibir pantai. Lokasi pantai terbagi dua yang satu sudah di timbun dengan tanah (untuk pelabuhan), dan yang sebelah timur masih asli.

Uniknya pantai yang sebelah timur itu perairanya dalam, air berwarna biru pantai cukup sempit namun memanjang menjorok ke daratan. Sehingga arus airnya cukup tenang. Lokasinya agak gelap karna di kiri-kanan terhimpit bukit-bukit tinggi. Di situ hanya ada beberapa perahu nelayan dan tempat singgah sederhana, yang membuat hati agak plong karna ada tanda bahwa di sini ada kehidupan. Walau suasana agak ngeri di lokasi ini. Dan lokasi perairan disebelah timur ini sudah masuk wilayah Desa Plumbungan Kecamatan Kebonagung atau biasa disebut Pantai Ngambur.

Lain halnya di Pantai bagian barat atau lokasi calon pelabuhan, di sini lokasinya terbuka, medanya pun cukup lapang dengan bebatuan bertumpuk rapi. Lebih lepas untuk melihat panorama alam. Untuk mengabadikan momen dengan ber foto-foto juga lebih nyaman. Namun kehati-hatian juga harus tetep di jaga, karna lokasi ini masih cukup jauh dari lokasi keramaian. Usahakan bawa teman untuk berpetualang ke Pantai ini. Jangan lupa masukkan Pantai Gelon dalam salah-satu daftar kunjungan pantai di Pacitan, itung-itung sebagai wisata adventure. :D


Gelon karang barat pantai pacitan Adventure pantai gelon pantai pacitan

(pacitanku.com)
Setelah dilaksanakan proyek pembangunan pelabuhan yang berlangsung sekitar empat tahun, targetnya akan selesai pada tahun 2015. pelabuhan yang berfungsi sebagai pelabuhan perintis sebagai jalur distribusi barang dan niaga atau perdagangan di Pantai Gelon, Desa Kembang, Kabupaten Pacitan Jawa timur ini merupakan proyek dari Kementerian Perhubungan.

Pelabuhan Niaga ini mulai dibangun pada 2011 lalu dengan biaya 45 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara bertahap. “Sesuai informasi dari pejabat pembuat komitmen (PPK), proyek ini akan selesai tahun depan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan Widy Sumardji, seperti dilansir dari Tempo, Rabu (7/5/2014).

Dikatakan Widi, proyek pembangunan pelabuhan perintis ini pada akhir 2013 masih dilakukan pengerasan lahan. Tahun ini proyek pengerasan dilakukan di titik dekat bibir pantai. “Pemerintah daerah tidak terlibat langsung dalam pembangunan. Pemerintah Kabupaten sebatas menyediakan lahan,” ujarnya.

Gelon dari atas pantai pacitan Ujung timur gelon pantai pacitan

Dalam pembangunan pelabuhan itu, lahan yang telah dibebaskan sekitar 21 hektare. Selain area pelabuhan, lahan tersebut juga dialokasikan untuk akses masuk menuju fasilitas perhubungan laut di sisi tenggara kota. Proses pembangunan jalan didanai dari APBN pada pos Kementerian Pekerjaan Umum.
Akses jalan masuk ke pelabuhan itu sejauh 3,5 kilometer dari akses jalan raya yang terhubung dengan Jalur Lintas Selatan (JLS). Sebagian lahan tersebut merupakan kawasan hutan milik Perhutani setempat dan pemerintah kabupaten akan menawarkan tukar guling sebagai lahan pengganti.

Sesuai petunjuk Kementerian Perhubungan, pengelolaan pelabuhan sementara akan ditangani Administrasi Pelabuhan (Adpel) Brondong, Kabupaten Lamongan, yang sudah ada. Kondisi Pantai Gelon dinilai mendukung untuk dijadikan pelabuhan barang dan niaga. Pantai ini berbentuk teluk namun kedalaman air lautnya masih sekitar lima meter dan akan dikeruk hingga 10 meter lebih agar bisa dilalui kapal-kapal berukuran besar.

Pelabuhan barang dan niaga di Pacitan diharapkan bisa menjembatani arus distribusi barang dan niaga di jalur pantai utara dan pantai selatan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pelabuhan ini akan semakin melengkapi infrastruktur pelabuhan di Pacitan yang sudah lama memiliki Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan, di desa Sidoharjo Kecamatan Pacitan.