Jumat, 17 April 2015

"PANTAI KUNIR PACITAN" Pantai yang satu ini menampakkan keindahan sungainya, garis pantai yang panjang, serta lokasi camping yang luas. [Desa Pagerkidul - Kecamatan Sudimoro]



gambar foto Pantai kunir pacitan
PANTAI KUNIR PACITAN (Pager kidul - Sudimoro)

Bicara soal pantai Pacitan yang masih asri dan alami memang tiada habisnya dan cukup menggoda untuk di kunjungi. Kali ini yang kita bahas adalah Pantai Kunir di Pacitan dengan pesona kawasan yang masih asli. Dengan ciri Khas pantai perpaduan dengan bukit hijau pegunungan sekitar. Terlihat harmonis dan menampilkan kesan yang sangat tentram, santai, damai bagi wisatawan yang berkunjung ke sini.

Pantai kunir di Pacitan adalah sebuah pantai yang masih perawan, karna bisa di bilang masih asri belum tersentuh moderenisasi. Wisatawan belum banyak yang mengetahui, pengunjung yang datang biasanya hanya warga sekitar atau muda-mudi warga Pacitan sendiri. Bahkan pada bulan Juni 2015 belum ada pengelolaan dari pemerintah, hanya ada akses jalan menuju pantai ini dan itupun masih sulit walau Kendaraan roda 4 bisa masuk.

ujung barat - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan Pantai kunir pacitan

Sebenarnya pantai Kunir memiliki potensi wisata yang cukup bagus. Garis pantainya yang cukup panjang, pemandangan sekitar yang yang indah menghijau, terdapat ciri khas sungai yang menawan, serta tersedianya tanah lapang yang sangat leluasa untuk lahan parkir maupun mendirikan warung-warung makanan. Sebenarnya Pantai ini sangat mendukung untuk di kelola menjadi Sebuah obyek wisata uggulan di Pacitan, apalagi lokasinya dekat dengan akses Jalur Lintas Selatan (JLS).

Keasrian pantai ini dikarenakan memang kawasan ini belum sepenuhnya dioptimalkan sebagai tempat wisata, sehingga mayoritas orang yang datang ke pantai ini hanya masyarakat sekitar yang sudah pernah mendengar namanya, atau tau seluk beluk jalan menuju pantai ini. Kalau ada sedikit saja campur tangan dari pemerintah untuk menjadikan pantai ini sebagai pantai wisata, pasti pantai ini tak akan kalah bagus dari Pantai Taman yang sudah cukup lama di kenal di wilayah timur Pacitan.

lapangan - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan sungai - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan
gerbang masuk - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan bukit timur - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan

Padahal pesona keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai pacitan yang lebih terkenal. Hanya saja namanya memang kalah tenar dibandingkan dengan pantai Srau, Telengria, klayar, pantai Banyu tibo dan pantai lainya yang ada di kabupaten Pacitan yang lebih dulu dikenal. Pantai ini Cocok sekali untuk bersantai. Kesunyian yang terasa dengan hamparan pasir putihnya yang luas, serta diapit pegunungan hijau di kanan dan kiri serta perbukitan yang menghadap pantai akan semakin menambah pesonanya, tak beda jauh dengan pantai-pantai lainya.

Pantai ini terletak di desa Pager kidul. Tepatnya di kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan Jawa Timur. yang merupakan kecamatan paling timur serta paling selatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten Trenggalak. Kecamatan Sudimoro ini mulai populer sejak di bangunya PLTU di kawasan Pantai Bawur, sedangkan pantai Kunir ini kalau Dari arah Pacitan Kota letaknya sebelum sampai di PLTU (sebelah baratnya).

Panorama unik yang ada di tempat ini yaitu daerah pantainya yang banyak ditumbuhi dengan pohon kelapa dan pepohonan lainnya. Karena berdekatan dengan kawasan kebun penduduk maka pantai ini memang sangat jarang ada yang mengetahui rute menuju tempat ini. Namun apabila anda sudah berada di kecamatan Sudimoro, dan kalau masih bingung silakan bertanya ke masyarakat sekitar pastilah diberitahu arah untuk menuju pantai Kunir ini.

petualangan1 - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan petualangan2 - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan
petualangan3 - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan bebatuan - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan

Sebenarnya Pantai ini tidak terlalu jauh, mungkin masih cukup dekat dibandingkan dengan Pantai-pantai sebelah barat pacitan. Dari pusat kota bisa ditempuh dengan melewati Jalur Lintas Selatan atau JLS menuju arah kabupaten Trenggalek. Estimasi waktu untuk sampai ditempat ini kurang lebih 60 menit perjalanan dengan kecepatan sedang.

Rute pertama yang bisa anda tempuh kalau dari Pacitan kota pilih ke arah Kecamatan Kebonagung, melewti jembatan panjang Grindulu lalu depan Pasar Arjowinangun Belok kanan memasuki JLS. Terus aja ikuti JLS itu ke timur arah Trenggalek hingga sampai di pantai Soge terus aja setelah sampai pertigaan besar memotong jalan, plih belok kanan arah Sudimoro. Terus ikuti jalan sambil melihat di kanan jalan setelah dekat pantai ada Papan penunjuk arah ke Pantai Kunir, ikuti jalan belok kanan itu untuk sampai di Pantai Kunir.

→ Jalur keduanya kalau dari arah Trenggalek melewati kecamatan Panggul ke barat Arah ke Pacitan setelah melewati PLTU terus aja hingga bertemu Penunjuk arah ke pantai Kunir di kiri jalan, dan ikuti jalan masuk belok ke kiri itu kalau belum jelas tanyakan ke warga sekitar, soalnya setelah penunjuk arah ini tidak ada papan penunjuk arah lagi, sehingga begitu masuk bertemu pertigaan lagi ambil jalan yg ke kiri saja. Susuri terus jalan ini yang mayoritas masih berupa jalan makadam, tetapi di jalan-jalan yg agak sulit sudah dirabat beton. Setelah berjalan dari papan arah masuk sekitar 1,8 Km, maka anda akan sampai juga di "Pantai Kunir"


Pantai kunir karang pacitan Pantai kunir bukit Pacitan
pasir - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan Pantai kunir sungai Pacitan

Begitu masuk lokasi langsung disambut hamparan rumput di tanah lapang yang seluas lapangan sepak bola, sangat cocok dipakai buat area perkemahan sejuk dengan tetumbuhan pandan di sekelilingnya. Pantai Kunir merupakan pantai berpasir yg membentang cukup luas sekitar 500 meter.

Di ujung timur pantai terdapat sungai yang berpagar tebing bebatuan kapur khas pantai Pacitan. Berbatasan dengan kawasan perkebunan penduduk yang banyak ditumbuhi pohon kelapa, dan beberapa pohon besar yang tumbuh di tepi pantai membuat pantai ini terasa nyaman untuk refreshing.

Hutan yang masih lebat di sekitar sungai yang bermuara di Pantai Kunir membuat nuansa terasa sunyi, apalagi pantai ini juga termasuk jarang dikunjungi wisatawan karena memang belum begitu dikenal luas bahkan di kalangan masyarakat Pacitan sendiri.

petualangan1 - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan petualangan2 - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan
petualangan3 - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan bebatuan - pantai kunir pagerkidul sudimoro pacitan

Kesunyian Pantai Kunir memberi nilai tambah tersendiri bagi anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari kebisingan kota. Tanah lapang yang luas dan berumput serta ketersediaan air tawar dari sungai cocok bagi yang ingin berkemping.

Hanya saja jika ke pantai ini jangan lupa untuk membawa bekal sendiri, karena tidak ada pedagang yang berjualan di kawasan pantai ini. Akses ke pemukiman penduduk terdekat ya di sekitar papan penanda masuk dari jalan utama Lorok - Trenggalek tadi. Terlepas dari segala kekurangan dan kelebihannya, Pantai Kunir bisa dijadikan salah satu alternatif menikmati liburan di Pacitan.