Rabu, 29 April 2015

"PANTAI WETREN PACITAN" Pantai virgin ini berada di balik JLS dan semak belukar. [Desa Worawari - Kecamatan Kebonagung]



pantai-wetren dri-atas-pacitan
PANTAI WETREN PACITAN (Worawari - Kebonagung)


Pacitan kota 1001 goa rupanya juga punya banyak pantai yang masih perawan yang tersembunyi dan jauh dari jangkauan pengetahuan wisatawan. Pantai Dangkal dan Pantai Wawaran sudah dikenal orang dan tak asing lagi di Pacitan, nah Pantai Wetren ini berada di antara Dua pantai tersebut. Tapi Pantai Wetren masih tersembunyi di balik jalan penuh semak belukar. Akses kendaraan juga belum sampai di tepi Pantai, tapi harus jalan Kaki kebawah. Hanya motor trail yang bisa melewatinya.

Jika anda ke kampung halaman mantan Presiden SBY melewati JLS arah Kebonagung-Tulakan, sempatkanlah ke Pantai Wetren ini. Pantai ini terletak di desa Worawari Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan Jawa Timur, cocok bagi petualang, atau yang menginginkan wisata minat khusus karena medan menuju lokasi yang lumayan berat dan letaknya yang masih tersembunyi. Tapi jalanya sudah biasa dilewati warga sekitar yang beraktivitas.

pantai-wetren-pacitan-gubuk pantai-wetren-pacitan-bebatuan
pantai-wetren-pacitan-adv pantai-wetren-pacitan-bukit-timur-0041.jpg

Seperti biasa pantai ini memiliki Pasir putih kecoklatan, dan banyak pohon kelapa di sekelilingnya. Juga ada pulau karang yang unik tidak terlalu besar bagian bawahnya terkikis ombak sehingga hampir putus, tapi anehnya batu tersebut masih berdiri kokoh sampai sekarang walau terhantam ombak, ini yang menjadi ciri khas dari Pantai Wetren.

Sudut sebelah barat pantai berupa pasir putih sempit dengan batu-batu karang kecil dan juga di batasi tebing batu yang tinggi. Sedangkan, sudut sebelah timur, didominasi oleh batuan karang yang besar hingga kecil berbagai ukuran, juga ada gubuk yang bisa di gunakan untuk singgah saat lelah. Gubuk itu pas berada di bawah bukit sebelah timur.

pantai-wetren-ujung-barat-pacitan0048.jpg pantai-wetren-tbing-barat-pacitan0054.jpg
pantai-wetren-karang-batu-pacitan0053.jpg pantai-wetren-jln-masuk-pacitan0058.jpg

Untuk menuju ke Pantai Wetren, kita harus trekking yang tidak terlalu jauh, karna hanya berada di balik JLS. Karena kendaraan tidak bisa sampai lokasi pantai. Walau berjalan kaki tidak terlalu jauh, medan perjalanan meunju pantai lumayan menantang. Medan menuju Pantai Wetren sangat cocok bagi para petualang (jalan masih tanah berbatu disarankan memakai sepeda motor walau mobil bisa masuk).

Jalan masuk pantai Wetren kalau dari arah barat berada di kanan jalan pas depan tikungan, lalu masuk ada percabangan pilih kanan lalu ikuti jalan kebawah jalan setapak maka akan sampai. Jalan masuk tersebut terlihat jelas dari Jalan raya. Namun belum ada papan penunjuk arah, jadi kalau anda hendak kesana sebaiknya bertanya kepada warga sekitar setelah memasuki desa Worawari. Yang jelas lokasinya di sebelah barat tak jauh dari Pantai Dangkal.

pantai-wetren dri-atas-pacitan pantai-wetren-ujung -timur-0047.jpg

Kekuranganya namanya juga pantai perawan jadi jangan tanya untuk ketersediaan fasilitas pengunjung, jadi persiapkan sgalanya dari rumah. Ombak di pantai ini juga cukup besar dan disarankan untuk berhati-hati. Tapi tanah di dekat lokasi pantai cukup lapang dengan teduhnya pohon kelapa, jadi mungkin bisa anda gunakan untuk mendirikan tenda. Apakah anda tertarik berkunjung ke sini??