Kamis, 30 April 2015

"GOA GONG PACITAN" Goa terindah se-Asia Tenggara ini berada di kota tanah kelahiran Pak SBY. [Desa Bomo - Kecamatan Punung]



Goa gong pacitan
Goa Gong (Bomo - Punung)

Untuk menuju goa ini tidak sulit. Dari arah mana saja anda datang menujulah ke jalur Pacitan - Solo atau melewati Kecamatan punung. Dan pertigaan masuk goa Gong adalah sebelah barat pasar Punung atau dekat masjid besar Punung. Di situ ada pertigaan, kalau dari arah Pacitan kota belok kiri. Ikuti jalan itu maka akan sampai di goa Gong (ada papan penunjuk arah).

Sedikit info Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. Sekitar 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. Dinamakan Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh.

Perjalanan menuju goa ini relatif mudah, dengan jalanan beraspal halus dan cukup lebar yang sudah berkondisi baik. Sepanjang jalan menuju Goa Gong akan melewati daerah perbukitan yang dengan goa-goa di dalamnya. Goa-goa di Pacitan ini pada umumnya terbentuk dari jenis batuan Karst, batu yang tampak hitam dan sangat keras.

jalan dalam goa gong pacitan

Pada awal mulanya Goa Gong diketemukan oleh dua orang penduduk lokal yang tanpa sengaja sedang ingin mencari sumber air. Jangan membayangkan keadaan goa yang gelap dan menakutkan, karena saat masuk ke mulut goa yang sejauh 300 M, pengunjung akan menikmati goa Gong ini dengan nyaman. Tidak benar-benar terang, tapi goa Gong di fasilitasi dengan cahaya lampu yang temaram di sepanjang jalan masuknya. Hal ini yang menjadikan goa Gong lain dari goa-goa yang lain di Pacitan.

Goa yang terletak di desa Bomo Kecamatan Punung yang letaknya sekitar 4 km dari Goa Putri, diyakini sebagai salah satu goa wisata tercantik di dunia dengan kedalaman 700-800 meter yang terdiri dari 7 ruangan besar yang eksotik yang tidak terbayangkan sebelumnya. Kita bisa menikmati stalagtit dan stalagnit dari tetes- tetes air yang masih hidup di dalam goa ini. Menuju lokasi ini menempuh perbukitan namun jalan relatif bagus.

Goa ini merupakan goa yang indah dan cukup dalam diantara gugusan oua-goa yang terletak di disekitarnya. Karena masih ada beberapa gua lain yang letaknya tidak terlalu jauh dari Goa Gong, seperti Goa Tabuhan dan Goa Putri. Goa Gong memiliki stalagtite dan stalagmit yang mengagumkan dan dikatakan menjadi goa terindah di Asia Tenggara. Memiliki kedalaman sekitar 256 m.

Penamaan goa Gong sendiri bertalian erat dengan salah satu nama perangkat gamelan Jawa. itu masyarakat sekitar menamakan goa tersebut menjadi Goa Gong. Pada hari-hari tertentu setiap hari Jumat, ada suara musik tradisional yang disebut “Jaranan” gong (gong tradisional) adalah instrumen yang paling keras suara dari yang lain. Sampai sekarang, kadang-kadang suara masih dapat didengar, itulah sebabnya goa ini sekitar 256 meter di bawah tanah, memiliki 12 kamar, 7 mata air dan satu kamar mandi alam ini di namakan goa Gong.

Goa ini terletak sekitar 30 km barat Pacitan, Jawa Timur. tepat di Desa Bomo, Punung dan mudah dicapai dengan semua jenis kendaraan baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua dengan memakan waktu sekitar 45 menit. Daerah ini juga tersedia beberapa fasilitas, seperti; toko suvenir, restoran, tempat parkir, Masjid, dll.

Saat memasuki goa, Anda akan melihat keeksotisan dengan dinding-dinding goa yang terlihat kuning keemasan. Terdapat kipas angin besar di dalamnya yang sengaja diletakkan di beberapa sisi goa untuk mengurangi rasa panas di dalam goa.

~ Memasuki ruang pertama, yaitu ruang Sendang Bidadari, di ruangan ini terdapat sendang kecil dengan air yang dingin dan bersih. Di sebelahnya adalah ruang Bidadari, dimana menurut cerita diruangan kadang melintas bayangan seorang wanita yang cantik.
~ Ruang tiga dan empat adalah ruang kristal dan marmer, dalam ruangan tersebut tersimpan batu kristal dan marmer di sisi-sisi atas dan samping goa dengan kualitas yang hampir sempurna.
~ Memasuki ruang lima, adalah ruangan yang sedikit lapang. Di tempat ini pernah dijadikan konser musik empat negara, yaitu; Indonesia, Swiss, Inggris dan Perancis dalam kerangka mempromosikan keberadaan Goa Gong ke mancanegara.
~ Ruang enam adalah ruang pertapaan.
~ Dan terakhir ruang tujuh adalah batu gong. Adalah batu-batu yang apabila kita tabuh akan mengeluarkan suara seperti gong.