Senin, 19 September 2016

"SUNGAI MARON PACITAN" Wisata susur sungai di Pacitan dengan perpaduan keindahan, keasrian, kealamian, serta nuansa petualang serasa di 'Green Canyon'.. [Desa Dersono - Kecamatan Pringkuku]



gambar foto muara1 sungai kali maron pacitan jawa timur
SUNGAI MARON PACITAN JAWA TIMUR


Setelah cukup lama tidak bikin postingan rasanya kangen juga membincangkan lagi 1001 pesona wisata Kota Pacitan yang sudah terkenal akan keindahanya. Setelah mengulas Pantai dan Goa-nya, untuk kali ini mari kita nikmati keindahan Sungainya. Dan ternyata selain Sungai Grindulu yang sudah cukup dikenal akan manfaatnya untuk masyarakat sekitar, di Pacitan ternyata juga punya Kali Maron yang akhir-akhir ini jadi primadona para traveler di Pacitan.

Kali Maron atau Sungai Maron adalah sungai yang bermuara di Pantai Ngiroboyo yang berada di Desa Sendang Kecamatan Donorojo yang juga masih bertetangga dengan Pantai Klayar. Sedangkan alamat Kali Maron sendiri masih masuk wilayah Desa Dersono Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Panorama alam dan kejernihan sungai ini memang sangat menyejukkan mata. Aliran air yang jernih berwarna kehijauan serta pepohonan kelapa dan pohon-pohon menghijau lainya disini akan menambah kesan asri serta tampak unik. Bahkan banyak blog traveler yang menyebut sungai ini adalah Amazon versi Indonesianya.

gambar foto wisata sungai kali maron pacitan jawa timur gambar foto perahu 3 sungai kali maron pacitan jawa timur
gambar foto muara ngiroboyo sungai kali maron pacitan jawa timur gambar foto amazon vs sungai kali maron pacitan jawa timur

Untuk rute jalan menuju Sungai maron anda bisa lihat di artikel sebelumnya tentang Pantai Ngiroboyo. Ada dua jalur untuk menuju sungai ini yaitu dengan menyusuri hulu sungai dengan perahu dari Desa Dersono. Dan yang kedua bisa melewati Pantai Ngiroboyo atau Desa Sendang.

Jarak tempuh kurang lebih sekitar 45 menit dari pusat kota Pacitan. Para wisatawan diharapkan membawa kendaraan dengan jarak ground yang tinggi supaya lebih aman. Meskipun aksesnya tidak begitu sulit namun jalan menuju sungai agak menantang karena sebagian aspalnya sudah berlubang, serta berliku dan menanjak.

Sungai Maron yang panjangnya sekitar 4,5 km ini terbilang belum lama dikenal. Karena dulunya tempat ini masih cukup asing dan belum terjamah oleh para pecinta alam, atau mungkin juga akses jalanya yang belum ada. Namun menjadi tenar sejak ada sebuah stasiun televisi yang meliput sebuah acara di Sungai Maron yang di kenal sebagai "Green canyon" -nya Pacitan ini.

gambar foto memanjat kelapa selfie sungai kali maron pacitan jawa timur gambar foto ngiroboyo sungai kali maron pacitan jawa timur
gambar foto selfie2 sungai kali maron pacitan jawa timur gambar foto ngiroboyo sungai kali maron pacitan jawa timur

Banyak alasan mengapa Sungai ini sring di kunjungi wisatawan diantaranya adalah: Karena keberadaan sungai ini yang tersembunyi sehingga jauh dari ramainya kota, Pemandangan alamnya masih natural berada diantara rangkaian Gunung Seribu, Sungainya juga masih bersih airnya berwarna hijau jernih serta pepohonan yang menghijau mengapit dikiri dan kananya.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di Sungai ini, seperti menyusuri sungai dengan mendayung perahu, mengambil foto pemandangan alam dan jernihnya kali maron, serta ada juga yang memanfaatkan momen ini untuk ber-selfie diatas perahu. Bahkan ada pula yang lebih nekat dengan berfoto di atas pohon kelapa berbatang unik yang ada disana.

Selain itu juga terdapat kegiatan susur sungai dengan menyewa perahu mesin dengan harga cukup terjangkau yaitu 100-150rb per perahu untuk 5 orang, Juga ada sewa perahu dayung yang mana anda sendiri yang naik dan mengemudikanya, Disini juga diadakan lomba dayung setiap tahunya yang dikenal dengan "Festival Dayung Ngiroboyo", Serta juga ada kegiatan unik di muara sungai yang disediakan pengelola wisata yaitu River Tubing (menyusuri sungai dengan ban dalam mobil dengan pengaman helm dan pelampung badan dengan tarif 15rb/jam).

gambar foto menyusuri sungai kali maron pacitan jawa timur gambar foto jernihnya sungai kali maron pacitan jawa timur
gambar foto sungai kali maron pacitan jawa timur 2 gambar foto muara2 sungai kali maron pacitan jawa timur

Setiba di Pantai Ngiroboyo anda bisa menikmati birunya air laut serta pasirnya yang coklat kehitaman. Disini juga terkenal akan sunsetnya yang indah. Bagi yang suka tantangan juga ada kegiatan Body Boarding dan Surfing. Jika sudah puas disini anda bisa kembali ke titik awal menggunakan perahu dengan suasana yang tentunya tak kalah seru.