Selasa, 14 April 2015

"PANTAI TAWANG (KEBONAGUNG) PACITAN" Surga tersembunyi di bibir pantai selatan berpadu dengan hijaunya bentang alam dan beragam satwa liar. [Desa Katipugal - Kecamatan Kebonagung]

gambar foto pantai tawang katipugal kebonagung pacitan
PANTAI TAWANG PACITAN (Katipugal - Kebonagung)

Pacitan di Jawa Timur punya banyak pantai-pantai cantik yang mungkin belum Anda kenal. Salah satunya adalah Pantai Tawang (di Kec. Kebonagung) yang punya panorama menawan dan bisa menghilangkan penat dan stres saat anda bekerja seharian. Tidak ada salahnya anda refreshing disini. Pantainya masih alami dan bersih. Lokasinya di sebelah timur Gunung Ganjuran yang dibaliknya merupakan lokasi Pantai Sangklean.

Di Kabupaten Pacitan, destinasi wisata di sebelah timur yang populer adalah Pantai Soge yang di lewati Jalur Lintas Selatan atau disingkat (JLS) karna pantai ini berada tepat di pinggir jalan. Padahal masih banyak spot keren yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Tawang. Pantai Tawang ini juga sering di sebut dengan nama Pantai Tawangsari, Tawang Asri, bahkan ada juga yang menyebutnya Pantai Watu Lapak. Sebuah pantai yang masih asri pas untuk menghilangkan penat.

Pantai Tawang di Pacitan ada dua, yang satu lebih terkenal (Segara Anakan) di Kecamatan Ngadirojo, dan yang satunya lagi di Kecamatan Kebonagung yaitu di Desa Katipugal. Mungkin belum banyak yang tahu, namun Pantai ini ibarat Mutiara yang terpendam di Pacitan. Memang Pantai ini belum di kelola sebagai tempat wisata, fasilitas untuk pengunjungpun bisa di bilang belum ada. Yang di bangun baru fasilitas untuk Nelayan, tampak beberapa bangunan tempat menampung ikan, serta peralatan-peralatan melaut.

Jalan dekat pantai tawang pacitan Dari atas pantai tawang katipugal pacitan
Bukit kiri pantai tawang katipugal pacitan Bukit kanan pantai tawang katipugal pacitan

Namun potensi wisatanya sangat bagus, tak kalah dengan pantai-pantai sebelah barat Pacitan. Hanya saja Pantai ini belum tereksplor jadi belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Memang pantai-pantai di Pacitan memiliki ciri dan keunikan yang berbeda-beda antara Pantai satu dengan yang lainya.

Untuk sampai di pantai Tawang ini rute jalanya sebagai berikut :

→ Dari arah mana saja masuk ke JLS arah Kecamatan Kebonagung. Dan setelah sampai di Desa Sidomulyo berhentilah setelah sampai di jembatan yang ada di atas jalan (flyover). Nah jembatan itulah jalan menuju Pantai Tawang Katipugal. Jalan ke jembatan itu klau dari arah timur adalah kanan jalan (belok menanjak) sesudah jembatan. Kalau dari arah barat (Pacitan Kota) sebelum jembatan belok kiri naik, ikuti jalan lalu belok kanan melewati jembatan tersebut terus melalui jalur utama lewat desa Klesem hingga sampai di Desa Katipugal. Setelah sampai di gapura perbatasan masuk Desa Katipugal, jalan ke pantai adalah arah kiri, jalan yang menurun dekat perbatasan itu. Ikuti jalan itu setelah ada percabangan pilih arah kanan/lurus. Terus ikuti setelah ada percabangan lagi pilih arah kiri/arah turun, terus ikuti jalur utama/jalur lurus maka anda akan sampai di Pantai Tawang Desa Katipugal.

Karang unik tebing kiri pantai tawang katipugal pacitan Jalan tebing kiri pantai tawang pacitan
Jalan tebing kanan pantai tawang pacitan Bukit hijau belakang pantai tawang katipugal pacitan

Jalanya cukup menantang, sebagian kecil ada yang rusak. Dan juga banyak jalan dengan turunan yang curam. Untungnya sampai di pantai jalan sudah rabatan semua. Kendaraan Roda 4 pun bisa, namun lebih disarankan bawa kendaraan roda 2 saja, apalagi kalau medanya belum hafal. Menjelang sampai si dekat pantai, hamparan padi yang menghijau menyambut. Panorama indah itu ada di sepanjang jalan hingga sampai di dekat pantai.

Sampai di Pantai Tawang Katipugal Kecamatan Kebonagung Pacitan ini usaha keras dan melelahkan dalam perjalanan terbayar lunas. Karna ke elokan pantai ini sangat khas. Memang Pantai-pantai di perairan Pacitan memiliki keunikan tersendiri, dan berbeda-beda disetiap pantainya.

Yang pertama anda saksikan adalah Ombak besar menggulung-gulung berwarna biru, padahal dari jalan dekat pantai arus airnya terlihat tenang. Perairan disini berwarna biru-kehijaun dan agak gelap menandakan pantai ini dalam. Tidak cocok untuk bermain air, Namun ombaknya yang besar mungkin sangat cocok untuk berselancar, namun dasar pantainya adalah bebatuan jadi tidak disarankan untuk pemula.

Aliran sungai unik pantai tawang pacitan Sungai berbatu pantai tawang katipugal pacitan
Sumur unik pantai tawang katipugal pacitan Landscape pantai tawang katipugal pacitan

Pasir dipantai yang masih bertetangga dengan Pantai Pangasan ini sebenarnya berwarna cokelat, namun dari dekat nampak kelihatan hitam. Itu dikarenakan permukaan pasirnya bercampur dengan pasir hitam (pasir besi). yang membuat indah pantai ini dengan dengan warna hitamnya.

Selain itu di sebelah kiri pantai ada aliran sungai yang cukup lebar, dengan dasar sungainya berupa bebatuan. Sungai itu mengikis pasir dan tebing yang ada di sebelah kiri pantai itu, sehingga bagian bawah bebatuan itu habis terkikis dan menjorok kedalam. Sedangkan atasnya masih utuh dan memayungi sungai, mirip atap teras sebuah rumah, Dan tempat ini juga bisa digunakan berteduh. Muara sungai itu menyempit dan agak turun di dekat bertemunya dengan air laut, sehingga arus airnya menjadi cukup deras dan uniknya lagi aliran airnya naik-turun bergelombang dengan urutan yang rapi.

Tak hanya itu batu di sisi kiri pantai ini bentuknya sangat bagus saat di lihat dari kejauhan, hasil pahatan alam abrasi air laut membentuk garis-garis melintang dan terlihat berlapis-lapis, yang membuat mata terpukau saat melihatnya.

Namun pantai ini belum resmi di bangun untuk lokasi wisata, walau jalan ke pantai sudah lumayan bagus sepertinya baru di kelola untuk kegiatan nelayan. Itu dapat di lihat dari bangunan-bangunan yang berdiri serta peralatan yang ada dan perahu-perahu. Dan belum ada fasilitas untuk wisatawan. Jadi saat anda berkunjung jangan lupa bawa perbekalan sendiri dari rumah.

Tebing kiri pantai tawang katipugal pacitan Tebing kanan pantai tawang katipugal pacitan
Adventure Pasir Tawang katipugal pantai pacitan Adventure rockfishing area pantai tawang katipugal pacitan

Sampai di Pantai Tawang sayang kalau tidak ke tebing bagian kiri yang ada Mercusuarnya. Untuk ke tebing itu jalanya adalah melewati sungai yang ada di dekat bangunan rumah tempat ikan atau pilih yang airnya dangkal, supaya mudah saat menyeberangi. Dan jalan keatas adalah jalan setapak dekat pohon Pandan, dilanjutkan melalui celah batu yang cukup lapang untuk jalan kaki. Naiklah keatas hingga sampai di atas tebing, dan di lanjutkan jalan setapak dengan medan rerumputan hijau. Di jalan nampak ada bebatuan yang berlubang cukup dalam dan ternyata bawahnya terhubung dengan air laut, lubang ini lebih mirip dengan sebuah sumur dengan dinding batu, dan sekali-kali saat ombak datang maka air lautnya akan menyembur keatas namun tak sampai seperti di Pantai Klayar, namun ini cukup unik dan berbeda.

Tak jauh dari lokasi itu Terlihat di situ ada bangunan semacam menara. Jika ingin naik usahakan sendiri-sendiri atau dua orang saja, demi keamanan. Dari mercusuar itu jarak pandangnya makin luas dan jauh, suasananya pun sejuk dinikmati sambil duduk melepas lelah saat menaiki tangga menara itu. Tidak cukup di situ perjalanan masih bisa dilanjutkan ke karang-karang sebelah kiri itu. Di kejauhan nampak bebetuan besar berjejeran menjadi penangkal ombak alami, sekaligus menjadi spot memancing yang seru buat anda yang hoby rockfishing. Perpaduan bebatuan karang, ombak besar menghantam, hijaunya bukit di atas menjadi panorama yang luar biasa.

Adventure tebing kiri Tawang katipugal pantai pacitan Adventure tebing kanan pantai Tawang katipugal pacitan

Puas di tebing kiri jangan lupa ke tebing sebelah kanan. Dan untuk ke tebing sebeleh kanan, jalanya adalah melalui pasir dekat permukaan air laut. Jalanya juga berupa celah tebing yang terbeleh, dilanjutkan menaiki tangga dari kayu (yang dibuat warga sekitar). Uniknya bebatuan di sekitar pantai ini yang berada di atas pasir, banyak lubang-lubang cukup lebar (semacam goa) di dekat sungai juga ada banyak. Naiklah dengan tangga itu maka anda akan sampai di atas tebing. Hamparan rumput hijau berpadu dengan pohon pandan dan flora-flora yang tumbuh liar menghijau, akan memanjakan mata anda.

Tak hanya itu di atas bukit itu juga hidup ratusan satwa liar (diantaranya monyet). Monyet disini bergerombol berayun-ayun di pohon dalam jumlah besar, namun belum jinak selalu menghindar tiap ada orang yang lewat maka monyet bersembunyi di semak-semak. Namun saat orang-orang di situ menjauh, maka monyet-monyet itu akan turun dan bermain-main sambil bersuara gaduh. Beberapa burung juga banyak berkicauan disini.

Adventure tower Tawang katipugal pantai pacitan

Karang-karang sebelah kanan pantai ini cukup unik, dengan berbagai bentuk dan ukuran berlubang-lubang kecil dan tajam. Di sini anda juga bisa memancing ikan dari atas batuan karang, atau sekedar mencari biota-biota laut yang hidup di sela-sela karang. Bagi anda yang suka berpetualang, mungkin juga bisa menjelajahi bebatuan yang berjejeran disini hingga ujung pantai sebelah kanan ini.
Maka jangan lewatkan pantai ini saat ke Pacitan melintasi wilayah Kebonagung. Dan jangan lupa Kunjungi juga Pantai Kaliuluh yang lokasinya disebelah timur tak jauh dari Pantai Tawang ini.. selamat berpetualang !