Jumat, 01 Mei 2015

"GUNUNG LANANG PACITAN" Lokasi camping yang nyaman, menyaksikan sunset dan sunrise, serta menikmati panorama indahnya landscape kota Pacitan dari ketinggian. [Desa Punjung - Kecamatan Kebonagung]



alipz33.mywapblog.com gunung lanang desa punjung kecamatan kebonagung kabupaten pacitan jawa timur.jpg
GUNUNG LANANG PACITAN (Punjung - Kebonagung)

Pacitan tak lepas dari pesona wisatanya, selain memiliki banyak pantai yang menawan, kabupaten Pacitan juga memiliki deretan gunung yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu dari sekian gunung tersebut adalah gunung Lanang. Gunung Lanang ini ada di Pacitan, bukan Gunung lanang yang ada di Kulon progo, Banjarnegara, Purworejo, Girimulyo, Jatimulyo atau di Pantai Glagah seperti di hasil pencarian Google. Tapi terletak di Dusun Ketro Desa Punjung, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan Jawa timur, kira-kira 15 km ke arah Timur dari kota Pacitan.

Gunung lanang ini termasuk salah satu titik tertinggi di Pacitan setelah Gunung Sepang, jadi tidak sulit untuk menemukan gunung ini. Dari pusat kota gunung ini terlihat berjajar dengan gunung limo dan gunung lain, karna sebenarnya gunung ini juga merupakan 1 dari 5 gunung yang di sebut "Gunung Limo". Dengan kata lain gunung ini juga merupakan gunung Limo.

perbatasan desa punjung-banjarjo jalan ke gunung lanang

Untuk akses menuju gunung ini relatif mudah. Perjalanan bisa ditempuh dengan sepeda motor kurang lebih selama kurang lebih 1/2 jam, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki ke atas selama kira-kira tidak sampai 15 menit. Kendaraan yang dibawa bisa di parkir di kaki gunung tersebut ataupun dititipkan dirumah warga sekitar, dan disarankan untuk menaiki sepeda motor, meskipun jalan desa atau aksesnya bisa dilewati mobil.

→ Ada banyak rute yang bisa di lalui untuk sampai di gunung ini. Kalau dari arah selatan melewati JLS jalan beloknya bisa di samping Balai desa Purwoasri atau juga bisa Dekat pasar Kebonagung. Masing-masing kalau dari Pacitan kota belok kiri, jalan dilanjutkan melewati desa Banjarjo (balai desa ke timur ada pertigaan pertama belok kiri) kemudian naik masuk desa Punjung (tanyakan ke warga sekitar), jalanya berupa jalan rabat sebagian lagi makadam atau berbatu. Ikuti jalur utama hingga sampai di Balai desa Punjung lalu belok kanan ikuti jalur utama maka akan sampai di Gunung Lanang

→ Jalur kedua bisa melewati Jalur utara Pacitan-Lorok. Kalau dari arah Pacitan Kota rutenya melewati Desa Mentoro-Wonogondo-Ketepung-Punjung. Jalur ini Lebar dan Halus tapi Jalanya berkelak-kelok tak seperti Lewat JLS. Dan Persimpangan masuk desa Punjung adalah di desa Ketepung setelah melewati Pakis Indah dan banyak berdiri tower. Tanyakan arah Punjung jalanya belok kanan dekat pos ronda ikuti hingga sampai jalan aspal dan sampai di balai desa Punjung, belok kiri ikuti jalur utama untuk sampai di Gunung Lanang

gunung-lanang-di-puncak.jpg gunung-lanang-pacitan-ali.jpg
gunung-lanang-pemandangan.jpg parkir-gunung-lanang.jpg

Dari puncak gunung ini, Anda bisa melihat indahnya kabupaten Pacitan dari atas, juga terlihat teluk pacitan yang menawan. Tak seperti dari Gunung Limo atau gunung lainya, disini Anda juga bisa melihat sekeliling Kabupaten Pacitan, Tanpa terhalang pohon. Bahkan kalau tak ada kabut bisa terlihat juga ujung cerobong asap PLTU Sudimoro. Pemandangan pada malam hari pun tak kalah indah. Kalau beruntung, Anda bisa melihat sunrise dan sunset yang tak kalah indahnya.

Tak seperti yang anda bayangkan, karna bagian puncak gunung ini berupa tanah yang ditutupi rerumputan cukup lapang. Padahal kalau dari kejauhan hanya tampak berbatu. Dan jalan pendakian juga cukup mudah dengan pemandangan pohon pandan seperti di pantai-pantai. Di atas anda bisa mendirikan tenda dan bermalam untuk menyambut matahari terbit. Selain sebagai tempat wisata, sejauh ini Gunung Lanang juga digunakan sebagai tepat outbond, pendakian, dan camping oleh anak - anak pramuka. Hal ini karena memang kondisi Gunung Lanang sangat mendukung untuk kegiatan semacam ini.

gunung lanang pacitan di puncak gunung lanang pacitan saat kedatangan pak edi baskoro yudhoyono
dari-gunung-lanang.jpg gunung-lanang-dari-jls-pa.jpg

Di gunung ini, ada dua puncak, namun hanya satu puncak yang biasa di daki, karena puncak yang satunya hanya bongkahn batu sangat besar yang licin. Hampir tidak ada pohon atau tumbuhan besar di atas, hanya hamparan rumput dan batu-batuan berbagai ukuran, sesuatu yang memberikan sensasi berbeda dan menambah keunikan dari gunung ini. Tapi sebenarnya puncak tinggi ini bisa di daki, awalnya melewati batu dan ada jalan setapak (biasa dilewati warga sekitar mencari rumput) memutar hingga sampai di puncak lewat celah batu, maka akan sampai di puncak tertinggi gunung Lanang ini

Untuk masuk dan menikmati indahnya wisata gunung ini, seperti halnya berwisata di tempat lain di Pacitan yang murah meriah, tarif menuju gunung ini pun sama murahnya, bahkan lebih murah (masih gratiss..). Hanya fisik yang kuat dibutuhkan untuk mencapai puncak gunung ini. Dan jangan lupa bawa perbekalan yang lengkap. Karna sebenarnya Di desa Punjung Kecamatan Kebonagung Pacitan ini masih ada 2 Gunung lagi yang lokasinya berdekatan, yaitu gunung Jepen dan Gunung Batok yang ada towernya. Jadi, jika anda bosan dengan aktivitas, tak ada salahnya mendaki salah satu dari puncak gunung tertinggi di Pacitan ini.

gunung lanang pacitan bendera demokrat gunung-lanang-persawahan.jpg