Senin, 25 Mei 2015

"GOA LUWENG SULING PACITAN" Selain memiliki keindahan bawah tanah Goa ini juga jadi alternatif air bersih saat datang kemarau. [Desa Klepu - Kecamatan Donorojo]



goa luweng suling pacitan
GOA LUWENG SULING DONOROJO PACITAN

Goa yang menyimpan keindahan di perut bumi ini terletak di Desa Klepu, Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Goa yang biasa juga disebut Luweng tirto suling ini merupakan goa dengan tipikal vertical atau berlubang tegak yang di dalamnya terdapat aliran sungai bawah tanah dan air terjun setinggi 45 m merupakan alternative wisata petualangan yang memerlukan keahlian khusus. Karna butuh keberanian, keahlian dan peralatan khusus untuk menyambangi keindahan dalam goa ini.

Selain sebagai lokasi wisata minat khusus, air di dalam goa ini juga di manfaatkan oleh warga sekitar goa. Air sungai bawah tanah diangkat ke permukaan dan dimanfaatkan untuk beberapa dusun yang ada sekitar goa untuk konsumsi saat musim kemarau panjang.

PERJALAN CAVING DI LUWENG SULING PACITAN JAWA TIMUR

MENYAMBANGI LUWENG SULING DONOROJO PACITAN


"GOA INI JUGA JADI SUMBER AIR BERSIH OLEH WARGA SEKITAR SAAT DATANG MUSIM KEMARAU"
[Pacitanku.com]

Nuansa musim kemarau rupanya mulai dirasakan sebagian warga di Pacitan, dengan menipisnya sumber air bersih di berbagai tempat, terutama di kawasan Karst Pacitan, di wilayah sebagian Pringkuku, Punung dan Donorojo.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu warga kawasan karst ini, di Goa Vertikal Luweng Suling, di Dusun Sawahan Kulon, RT 02 / RW 03, Desa Klepu, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, belum lama ini.

Sumber air dalam goa itu selain dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, juga menjadi sumber air bersih yang dikonsumsi warga sekitar.

Diketahui, setiap turun ke dalam goa akan Ada 25 gigi anak tangga untuk mencapai ujung air tersebut. Para warga di sekitar Kali Luweng ini dengan semangat membawa air menaiki anak tangga Goa Vertikal tersebut hanya untuk mendapat sumber air besih.